BOLAGILA – Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan PSSI sedang memproses naturalisasi pemain Keturunan di posisi bek dan gelandang. Ia juga menegaskan, pemain yang tengah diproses naturalisasi di luar nama-nama yang beredar di publik.

“Yang pasti kami sedang urus, lagi proses, dokumen sudah masuk. Nama-nama agak di luar dari yang beredar, (di publik)” kata Arya Sinulingga di channel YouTube-nya yang bertajuk Bebas, Kamis (1/8/2024).

Saat ini nama-nama pemain keturunan seperti Kevin Diks, Jairo Riedewald dan Mees Hilgers biasa menghiasi portal online maupun media sosial. Terlebih, Ketua Badan Tim Nasional Sumardji pernah mengatakan PSSI tengah mendekati Ole Romeny dan Kevin Diks.

Jika ukurannya tidak pernah beredar sebelumnya, siapa pemain Keturunan yang tengah menjalani proses naturalisasi? BOLAGILA menilai, dua pemain PEC Zwolle yakni Tristan Gooijer (fullback kanan/bek tengah) dan Eliano Reijnders (gelandang)sebagai pemain yang dimaksud.

Tristan Gooijer sempat kencang dirumorkan bakal dinaturalisasi menjadi WNI. Momen itu terjadi beberapa bulan sebelum Piala Dunia U-20 2023 digelar di Indonesia.

Tristan Gooijer yang baru 19 tahun, sudah mencatatkan 13 penampilan bersama tim senior Ajax Amsterdam di musim 2023-2024. Musim ini, demi mendapatkan menit tampil yang lebih banyak, Ajax Amsterdam meminjamkan Tristan Gooijer ke klub Liga 1 Belanda lain, PEC Zwolle.

Sementara Eliano Reijnders yang merupakan adik dari Tijjani Reijnders, merupakan motor serangan PEC Zwolle di Liga 1 Belanda 2023-2024. Dari 32 penampilan, Eliano Reijnders mengemas tiga gol dan satu assist.

Baru berusia 23 tahun, tenaga Eliano Reijnders dapat diandalkan Timnas Indonesia hingga 10 tahun ke depan. Satu yang pasti, Timnas Indonesia membutuhkan tenaga tambahan pemain Keturunan untuk bersaing dengan tim-tim kuat di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berisikan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China.