BOLAGILAShin Tae Yong memanggil Maarten Paes dan mengesampingkan Elkan Baggott untuk laga Timnas Indonesia vs Arab Saudi di matchday pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia? Kabar baik menerpa Timnas Indonesia sebelum melakoni laga tandang kontra Arab Saudi pada Jumat, 6 September 2024 pukul 01.00 WIB.

Dibilang kabar baik karena kiper yang ditunggu-tunggu, Maarten Paes kemungkinan besar tersedia untuk laga melawan The Green Falcons -julukan Timnas Arab Saudi. Hal itu karena sesuai jadwal, Maarten Paes akan menjalani sidang di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) pada Kamis, 15 Agustus 2024.

Tiga hari berselang atau pada Minggu, 18 Agustus 2024, hasil sidang akan diumumkan. Jika data yang dibawa pengacara PSSI lengkap, Maarten Paes hampir dipastikan memenangkan persidangan, sekaligus berhak pindah federasi dari KNVB ke PSSI.

Kehadiran Maarten Paes dibutuhkan Timnas Indonesia untuk mengarungi babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Lawan Timnas Indonesia di babak ini masuk kategori berat yakni Arab Saudi, Jepang, Australia, Bahrain dan China.

Dua tim yang finis teratas berhak lolos ke Piala Dunia 2026. Sementara itu, tim yang finis di posisi tiga dan empat harus melanjutkan perjuangan di babak Keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di saat ada tanda-tanda Maarten Paes memperkuat Timnas Indonesia, belum ada “hilal” terkait potensi Elkan Baggott comeback ke Timnas Indonesia. Hubungan Shin Tae-yong dan Elkan Baggott disinyalir masih panas setelah bek 21 tahun itu menolak gabung skuad Timnas Indonesia U-23 saat bersua Guinea U-23 di playoff Olimpiase Paris 2024 pada Kamis, 9 Mei 2024.

Biasanya, pemain yang melakukan indispliner di era kepelatihan Shin Tae-yong, diberikan kesempatan kedua. Hal itu asalkan si pemain meminta maaf dan berjanji tidak melakukan kesalahan yang sama.

Masalahnya, Elkan Baggott juga pernah mangkir dari panggilan Timnas Indonesia. Momen itu terjadi medio Juni 2021, ketika skuad Garuda hendak melakoni tiga laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.