BOLAGILA– Timnas Indonesia U-17 menjalani pemusatan latihan sekaligus melakoni uji tanding di Qatar sebelum bertolak ke Kuwait guna menjalani Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.
Anak asuh Nova Arianto baru menuntaskan pemusatan latihan di Qatar dengan mengadakan laga uji tanding bersama timnas Qatar U-17. Pada laga pertama yang berlangsung pada 6 Oktober, Skuad Garuda Muda menang 2-1. Sementara tiga hari berselang, skor imbang 1-1.

Nova menilai pemusatan latihan dan uji tanding sangat bermanfaat bagi anak asuhnya. Terlebih sebelumnya Timnas Indonesia U-17 juga sempat menjalani training camp (TC) di Spanyol.

“Saya melihat dalam dua kali uji coba ini tim ber-progress sangat baik dan harapannya pemain bila lebih percaya diri lagi sebelum kita masuk ke Kuwait karena kita banyak masukan selama berada di Spanyol, di Qatar, semoga pemain terus belajar, terus mengevaluasi diri agar kita bisa siap di Kuwait,” jelas Nova.

“Kalau secara game tactical pemain sangat memahami, sangat memahami apa yang saya buat dan pemain sngat luar biasa secara fokus, secara konsentrasi. Tetapi memang masih ada beberapa catatan yang bisa kita lihat dari dua gol kemasukan di qatar lewat bola mati, seharusnya itu tidak terjadi dan itu jadi catatan kami agar kami bisa perbaiki sehingga nanti di Kuwait tidak terjadi kembali,” terang mantan bek tengah Timnas Indonesia di era 2010-an tersebut.

Nova pun berharap pemain-pemain yang sempat cedera dalam pemusatan latihan bisa bugar 100 persen saat di Kuwait sehingga tim Merah Putih bisa diperkuat skuad terbaik.

“Kondisinya memang saat di Spanyol ada lima pemain kita cedera, ada Putu Panji, ada Fandi [Ahmad], ada Mierza [Firjatullah], [Matthew] Baker, saya lihat kondisinya sudah semakin membaik dan semoga saat mereka di Kuwait smua semoga bugar dan siap bermain di Kuwait nanti,” kata Nova.

Para pemain pun menyepakati kata-kata Nova. Matthew Baker menilai pertandingan melawan Qatar bisa menjadi ajang pemantapan tim sebelum berlaga di Kuwait.

“Qatar adalah lawan yang tangguh, agresif, kami bermain dengan ketat, mereka memainkan sepak bola yang baik. Kami menang pada pertandingan pertama, dan kemudian seri pada pertandingan kedua. Saya pikir pertandingan itu akan membantu kami,” ucap Matthew.

Timnas Indonesia akan menghadapi Kuwait (23/10), Kepulauan Mariana Utara (25/10), dan Australia (27/10) pada laga Kualifikasi Piala Asia U-17. Hanya juara grup yang bisa langsung memastikan kelolosan ke putaran final, sementara untuk runner up grup disaring lima terbaik yang bisa melangkah ke Arab Saudi pada April 2025.