BOLAGILA– PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) sedang menyiapkan produk baru. Bocorannya sudah muncul dalam sistem informasi nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Diakses per Kamis, 15 Agustus 2024, produk baru yang tercantum dalam informasi NJKB disinyalir adalah Hyundai Santa Fe. Ada tiga nilai NJKB, dari Santa Fe Calighrapy, Prime, dan HEV (Hybrid Electric Vehicles), dengan rincian NJKB sebagai berikut:

NSNTAFEG2.5 2ACLGRPY: Rp 432 juta
NSNTAFEG2.5 2ATPRIME: Rp 425 juta
NSNTFEG16THE2ACGRPY: Rp 445 juta

Ketiga kode baru ini sebelumnya tidak tercantum dalam website resmi pemerintah tersebut. Biasanya produk-produk baru yang akan meluncur, bisa diketahui melalui laman NJKB.

Harga di atas belum termasuk instrumen pajak seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPn), Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan lainnya.

Hyundai Indonesia dipastikan bakal meluncurkan lagi tiga mobil baru di sisa tahun 2024. Ketiga calon mobil baru Hyundai tersebut ada yang diimpor secara utuh, ada juga yang sudah dirakit secara lokal.

“Ya kita coba memperkenalkan, belum bisa ngomong apakah CKD atau CBU, tapi at least waktu dulu kita pernah ngomong ada 6 produk baru muncul. Ini kita masih sisa 5 bulan lagi Hyundai memastikan kita akan ada 3 produk baru yang akan meluncur. Intinya ada yang CKD dan ada yang CBU,” kata Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta belum lama ini.

Frans menambahkan, dua model tersebut kemungkinan adalah SUV, juga ada mobil listrik dan hybrid. “Ya mungkin at least 2 SUV. Satunya masih mobil listrik. Hybrid. Satunya (mungkin) ya boleh (mobil ICE),” jelas Frans lagi.

Sebagai informasi, di Korea Selatan Hyundai Santa Fe tersedia tiga varian, yaitu varian bensin, hybrid, dan plug in hybrid. Buat varian hybrid-nya menggunakan mesin bensin 1.600 cc yang dipadu motor elektrik dan baterai lithium-ion berkapasitas 1,49 kWh.

Mesinnya menghasilkan horsepower 178 dk dan torsi maksimum 195 Nm. Mesin berpadu dengan transmisi 6-percepatan otomatis dan motor elektrik berdaya 44,2 kW atau setara 60 dk dan bertorsi 264 Nm.